KERANGKA TEORITIK ROLAND BERTHES DALAM FILM “KKN DESA PENARI”

 

KERANGKA TEORITIK ROLAND BERTHES DALAM FILM “KKN DESA PENARI”
 
 

ABSTRAK

Pengaruh kebiasaan dan adat dalam kehidupan sehari-hari ada pada dunia perfilman. Genre film horor sangat populer di Indonesia karena sering dikaitkan dengan mistisisme. Film KKN di Desa Penari, yang menjadi film terlaris 2022, memanfaatkan unsur adat sebagai pembangun suasana horor dengan menggunakan benda-benda tradisi, rumah, baju, dan alunan musik sinden. Tujuan penelitian adalah menganalisis unsur tanda yang berkaitan dengan budaya atau adat dalam film KKN di Desa Penari. Dalam penelitian ini, digunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka melibatkan pemahaman dan pembelajaran teori-teori yang terdapat dalam berbagai literatur terkait dengan penelitian. Data dikumpulkan melalui pencarian sumber dan rekonstruksi dari beragam referensi. Dengan menggunakan teori semiotika John Fiske yang mengungkapkan analisis terhadap tiga tingkatan, yaitu tingkat realitas yang menjelaskan penampilan pakaian, lingkungan, dan perilaku, tingkat representasi yang meliputi teknik pengambilan gambar, pencahayaan, dan musik, serta tingkat ideologi yang menggambarkan konflik dan alur cerita yang ada dalam film. Hasil penelitian film dilakukan analisis terhadap setiap adegan yang mengacu pada unsur budaya yang terkandung dalam film tersebut. peneliti dapat mempelajari bahwa film tersebut mengandung makna ideologi konservatifme yang berusaha mengembalikan dan mempertahankan tatanan kehidupan yang didasarkan pada nilai nilai tradisional yang telah terbukti mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat. 

 

PENDAHULUAN

Film "KKN di Desa Penari" mengangkat kisah yang penuh misteri dan kengerian dari pengalaman sekelompok mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sebuah desa terpencil. Terinspirasi dari cerita viral di media sosial, film ini mengajak penonton menyelami suasana mencekam yang dialami para mahasiswa saat mereka menemukan rahasia gelap dan mistis di desa tersebut. Berawal dari niat baik untuk mengabdi pada masyarakat, mereka justru dihadapkan pada kejadian-kejadian supranatural yang menguji keberanian dan kebersamaan. Pendahuluan ini membuka pintu bagi penonton untuk merasakan ketegangan dan keingintahuan akan apa yang sebenarnya tersembunyi di balik kehidupan desa yang tampak tenang itu. Peneliti tertarik membahas film KKN Desa Penari ini untuk menjadi objek penelitian karena banyak sombol-simbol didalamnya, terkhusus tanda denotatif, konotatif dan mitos yang terdapat pada dialog tokoh, adegan dan latar yang digunakan dalam film KKN Desa Penari sesuai dengan teori yang peneliti gunakan, yaitu Teori Semiotik oleh Roland Berthes

GAMBARAN UMUM

KKN Desa Penari adalah salah satu film menarik yang disutradarai oleh Awi Suryadi. Film KKN Desa Penari ini merupakan film yang telah lama ditunggu-tunggu sejak viral beberapa tahun lalu. Diangkat dari kisah nyata yang dikupas secara eksklusif oleh selebtweet @simplem81378523. Selain kisah aslinya di Twitter, film inipun mendapatkan antusiasme yang tinggi. Bahkan dalam 6 hari penayangan, akun Instagram resmi film tersebut @kknmovie merilis informasi 2 juta orang telah menonton film tersebut. Film ini juga mendapatkan respons positif dari penonton yang melihat langsung penampilan para pemainnya. Bahkan alunan sinden Dhat yang ada di dalam film ini juga memberikan nuansa mistik oleh pendengarnya. Dalam cerita, para mahasiswa tidak pernah menyangka sebelumnya, bahwa tempat yang digunakan sebagai KKN merupakan tempat yang menyimpan banyak misteri. Para mahasiswa merasa diteror oleh mahluk halus yang tidak senang dengan keberadaan mereka. Terlebih, beberapa mahasiswa justru menyepelekan anjuran dari perangkat desa untuk menghindari pantangan-pantangan yang ada. Dua kali tunda tayang membuat KKN Desa Penari dikhawatirkan banyak orang. Pertama, apakah hype-nya sedahsyat 2019? Mengingat, kisah ini viral lewat sebuah utas di medsos tiga tahun silam lalu dibuat film ke layar lebar oleh produser Manoj Punjabi. Mestinya tayang Maret 2020 lalu bergeser ke Februari 2022, akhirnya KKN Desa Penari ditanam di libur Lebaran.

Analisis yang ditemukan dalam film KKN Desa Penari

1.      Penanda Penanda yang ditemukan pada gambar tersebut adalah berupa dialog tokoh yang ditemukan pada scane 4 menit ke 00:17:52 sebagai berikut. Widia : “pak iku opo?” Pak Prabu : “oooh itu penduduk kami masih menghargai adat istiadat leluhur, itu salah satu cara kami untuk menghargai semesta dan penduduknya”

2.      Petanda Petanda yang ditemukan adalah makna konotasi(petanda) dari penanda yang ditemukan yakni sebagai berikut. Pada dialog pak Prabu peneliti dapat menarik makna bahwa penduduk desa tersebut masih sangat kental kepercayaannya terhadap adat istiadat leluhur dan sangat mempercayai akan keberadaan makhluk-makhluk tak kasat mata yang hidup berdampingan dengan mereka.

3.      Mitos Adapun mitos yang dihasilkan dari penanda dan petanda diatas terdapat pada menit ke 00:17:51 adalah sesajen yang digunakan oleh penduduk desa untuk melakukan ritual dalam rangka menghormati leluhur. Sesajen tersebut selalu menggunakan kemenyan dan telur karena konon katanya kemenyan adalah wewangian yang sangat disukai oleh makhluk halus dan telur adalah makanan yang paling enak untuk mereka. Sesajen mengisyaratkan bahwa keganasan atau kedinamisan alam, dapat diatasi atau ditangani dengan upaya menyatukan diri dengan Alam atau beserta alam, bukan dengan cara merusak atau menguasai alam. Ritual ini merupakan bentuk metafora atau Siloka penyatuan manusia dengan Alam. Kata Sa-ajian secara keseluruhan bermakna menyatukan keinginan (kahayang-kahayang) dengan keinginan alam atau beserta alam (menyatu dengan alam).

 

KESIMPULAN

Berdasarkan penjabaran data dan hasil analisis pesan moral terkait makna denotasi, konotasi dan mitos dari penggalan beberapa adegan dalam film KKN Di Desa Penari, maka peneliti menarik kesimpulan yaitu sebagai berikut :

 1. Dalam film KKN Di Desa Penari, pesan moral yang diperoleh disampaikan lewat makna denotasi, konotasi dan mitos. Makna denotasi yang ditemukan ialah kisah tragis yang dialami mahasiswa KKN di sebuah desa yang dipercayai masih kental dengan adat istiadat leluhur dan dihuni oleh jin yang tidak suka dengan kedatangan orang baru di tempatnya. Makna konotasi yang ditemukan sebuah penyesalan akan perbuatan yang sudah kelewat batas dan akan berdampak akibat dari perbuatan tersebut. Mitos yang muncul yaitu segala sesuatu yang kita perbuat akan dipertanggung jawabkan dan menerima segala konsekuensi yang ada. Berpikir panjang terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu.

 2. Pesan moral yang dimunculkan dan telah dianalisis oleh peneliti yaitu :

a. Menjaga Sopan Santun Dan Menghargai Tradisi Lokal

b. Menerapkan Budaya Silaturahmi

c. Selalu Melaksanakan Kewajiban dalam Beribadah Dimanapun.

d. Tidak Melakukan Perbuatan yang Dilarang di Suatu Daerah

 

DAFTAR PUSAKA

Sumber: https://pin.it/72mJdUM6s

https://kepahiang.progres.id/hiburan/sinopsis-film-kkn-di-desa-penari-mengupas-keanehan-yang-menyeramkan.htm https://eskripsi.usm.ac.id/files/skripsi/G31A/2017/G.311.17.0024/G.311.17.0024-05-BAB-II-20230308100158.pd

http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/12100

Danesi. 2012. Pesan, Tanda, dan Makna: Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra.

Lusyantie, N. 2016. Pendekatan Semiotik Model Roland Barthes. Selasa November. Diakses November selasa, 2022. https://pps.unj.ac.id/publikasi/dosen/ninuk.lustyantie/16.pd.

Bartens, K. (1993). Etika. PT Gramedia Pustaka Utama

____________.(2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Citra Aditya Bakti.

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Lirik Lagu "WE CAN'T BE FRIEND" Oleh ARIANA GRANDE Dengan Teori Semiotika

SEMIOTIKA DALAM FILM 'LASKAR PELANGI' BERLANDASKAN TEORI FERDINANDE DE SAUSSURE

Literatur Review mengenai Kajian Semiotika dalam beberapa Film Indonesia